Jumat, 08 Juni 2012

Indonesia.. ayo minum susu!

halo semua.. salam semangat!
yep, eh eh udah pada minum susu belum? belom?
rugi lho gak minum susu.. kok rugi? nah kali ini gw akan membahas manfaat susu bagi tubuh kita..
pada udah tau kan kalau susu itu kaya akan kalsium? selain itu ada fakta fakta lain yang berhubungan dengan susu...

hmmm gimana kalau kita mulai pembahasan mengengenai susu :D




google.com

#tau gak sih? kalau hanya manusia yang meminum susu sampai usia dewasa?
hah? masa? ya, jawabannya adalah benar sekali, di dunia ini hanya manusia lho yang meminum susu, walaupun bukan susu yang berasal dari ibunya sendiri. tapi kenapa ya? apa alasannya hanya manusisa saja yang masih meminum susu sampai dewasa. nah alasannya adalah khasiat yang terkandung dalam susu itu sendiri. bahkan nih sobat, susu sudah dijadikan sebagai komoditi makanan pokok lho bagi manusia jaman dahulu. 

Sejarahnya nih, dahulu manusia mengambil atau memerah susu dari hewan hewan yang memiliki kelenjar seperti sapi, kuda dan juga domba. Sapi dan domba mulai dijinakkan sejak 8000 SM untuk diambil daging, bulu dan susunya, di Timur Tengah, susu bahkan terfermentasi menjadi keju oleh para pengembara gurun di sana, Diperkirakan susu mulai masuk ke dataran Eropa pada abad 5000 SM melewati daerah Anatolia. Penggunaan keju dan susu dari Timur Tengah lewat Turki mulai dikenal oleh bangsa Eropa pada zaman Pertengahan. nah di indonesia sendiri susu mulai dikenal oleh masyarakat indonesia pada era penjajahan belanda, wah bayangin aja tuh sobat, para penjajah membawa susu atau sapinya segala untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka di lautan lepas sembari mencari negara untuk dijajah :D.(wikipedia)

nah seiring dengan kemajuan jaman yang sangat pesat pengolahan susu mulai memasuki tahap yang baru dan inovatif, dari semula susu diolah secara fermentasi menjadi keju dan yoghurt, kini susu bisa menjadi bentuk apa saja mulai permen, coklat, dan sekarang teman teman udah bisa menikmatinya dalam bentuk kaleng dan bubuk.

keren kan?
setelah tahu sedikit sejarah tentang susu, pasti penasaran kan apa apa aja sih yang terkadung dalam susu sampai sampai nenek moyang kita menjadikan susu sebagai salah satu konsumsi pokok pada waktu itu dan salah satu komoditi elit pada masanya.

ayo coba kita lihat apa aja sih yang terkandung pada cairan ajaib ini.. hihi
menurut penelitian, susu sapi mengandung berbagai macan zat yang sangat penting dari tubuh, faktanya setiap 100 gram susu mengandung 70 kilokalori (kkal), protein 3,4gram, lemak 3,7gram dan kalsiumnya sebesar 125 miligram sedangkan prosentase penyerapan susu oleh tubuh sebesar 98-100%

selain itu susu juga mengandung banyak vitamin lho, diantaranya adalah vitamin B2, A dan juga berbagai macam asam amino yang berperan penting dalam masa pertumbuhan. nah dengan begitu susu sangat penting, makanya banyak dari kita gemar mengkonsusimnya, selain baik untuk masa pertumbuhan kita, susu juga bagus sebagai asupan kalsium bagi tulang kita, sehingga tulang kita tetap kokoh sampai kakek nenek. 


google.com



nah selain itu dengan mengkonsumsi satu gelas susu sehari kita mendapatkan berbaaaaagai macam manfaat baiknya. antara lain..

-Kandungan potassiumnya dapat menggerakan dinding pembuluh darah sehingga mampu menjaganya agar tetap stabil. Sehingga Anda jauh dari penyakit darah tinggi serta penyakit jantung.

-Kandungan yodium, seng dan leticin-nya dapat meningkatkan secara drastis keefisiensian kerja otak besar.
FYI _> Otak besar mempunyai fungsi dalam pengaturan semua aktifitas mental, yaitu yang berkaitan dengan kepandaian (intelegensi), ingatan (memori), kesadaran, dan pertimbangan. jadi kalau rutin minum susu kita jadi lebih gampang menerima informasi dan menyimpannya kedalam kepala kita nih!


-Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu mempunyai fungsi terhadap kecantikan, yaitu dapat mempertahankan kulit agar tetap bersinar. wiiwww

-Kandungan tyrosine dalam susu dapat mendorong hormon kegembiraan dan membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak. efeknya hampir sama dengan coklat yang bisa meringankan tingkat stress kita.

-Kalsium susu dapat menambah kekuatan tulang, mencegah tulang menuyusut dan patah tulang. ini yang seperti gw bilang tadi, tulang kita jadi lebih kokoh sampai kakek nenek :D

-Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan. makanya disanrankan olah raga teratur diimbangi dengan minum susu :)

-Kandungan Seng pada susu sapi dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

-Kandungan vitamin B2 di dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.


google.com
minum susu dulu aahhhh :P


Eits... tunggu dulu belum selesai :D
selain mengetahui manfaatnya yang begitu besar pada susu, kita juga harus tahu gimana sih susu yang berkualitas itu, maka dari itu kita harus tahu dong syarat susu yang baik itu seperti apa :D
syarat susu yang baik itu... 


1. susu harus steril :D 
steril, meksudnya susu harus dalam kondisi yang segar ketika didapat, nah namun apakah kita harus mempunyai satu sapi di setiap rumah? tentu saja tidak... dengan kemajuan teknologi, susu yang steril juga bisa didapat dalam bentuk bubuk atau kaleng, dengan penanganan dan produksi yang tepat, serta gizi tepat guna kini susu sudah bertranformasi menjadi makanan yang steril dan kaya akan gizi.. apa lagi kita sudah bisa dengan mendapatkannya di toko toko terdekat :)


*dan juga harus diperhatikan adalah ketika minum susu jangan disisakan apabila disisakan dan gak diminum makan susu akan menjadi basi, dan jangan sekali kali minum susu basi lho hahahahah 


2. memiliki nilai gizi tepat guna 
dengan meminum susu yang sesuai dengan kebutuhan peminumnya, maka susu akan menjadi makanan supergizi yang efektif bagi peminumnya, makna tepat guna kini sudah dicukupi dengan berbagai macam produk susu diantaranya adalah susu murni (whole milk), susu kurang lemak (reduced fat milk), susu rendah lemak (low fat milk), dan susu bebas lemak (free-fat Milk) atau susu skim (skim milk). dan macam macam susu tadi mempunyai manfaat masing masing tergantung peminumnya. 

nah ini juga penting, kita harus mengetahui apakah susu yang kita minum adalah susu yang halal, dan sudah terdaftar di BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN, kalau yang suka minum susu murni, cari tahu dimana sapinya berasal, bagai mana kondisi sapinya, tentu saja dengan menjaga kualitas HALAL akan menjamin kita mendapatkan susu yang bermanfaat. 

nah dengan mengerti syarat susu yang baik, kita bisa minum susu yang sehat dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan kita semua :D


google.com

selamat minum susu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar